Mochamad Elfhad Labima - XII IPA 3 - SMA PLUS YPHB

Minggu, 09 Januari 2011

Jenis-jenis Pasta

1. Farfalle: Pasta ini bentuknya mirip dasi kupu-kupu, dengan tepi bergerigi. Cocok disajikan dengan salad atau sebagai hidangan utama dengan tambahan saus creamy seperti Mornay Sauce.

2. Conchiglioni: Bentuknya menyerupai kulit kerang. Lebih pas untuk isi soup, salad dan hidangan utama.
3. Cannelloni: Bentuknya seperti pipa dengan lubang berdiameter 3 cm, panjang ± 5 cm. Pasta sejenis cannelloni tapi lebih pendek, namanya Rigatoni. Sedang yang berujung miring, disebut Penne. Pasta jenis ini, dapat di rebus atau dibakar lalu dihidangkan dengan daging dan keju.

4. Lasagne: Berbentuk lembaran tipis dengan panjang ± 27 cm dan lebar 5 cm. Dapat dijumpai dengan tiga warna: kuning untuk hidangan panggang, merah bila di olah dengan saus tomat dan hijau cocok dipadu dengan bayam dan aneka sayur.

5. Spaghetti: Seperti lidi panjang tanpa lubang. Sangat cocok disajikan dengan saus bolognese (saus tomat dengan daging cincang). Jenis yang sama tapi berukuran kecil dan pendek, dikenal dengan Vermicelli. Cocok diolah bersama seafood, daging maupun isi soup.
6. Fusilli: Menyerupai spiral. Biasanya di olah dengan cream sauce dengan tomat dan kacang polong.

7. Macaroni: Pasta bentuk pipa melengkung dengan lubang ditengahnya. Pas untuk hidangan panggang, seperti macaroni schootel dan isi soup.

8. Fettuccine: Bentuknya seperti kuetiau, pipih dan lebar. Juga ada tiga warna. Hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Cocok dijadikan sajian hidangan utama dengan daging, keju, sayuran atau seafood.


Haduh... Jadi lapar saya -_________- haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar